Manfaat Kulit Buah yang Sering Dibuang Percuma

Buah sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri acap kali mempunyai nilai ekonomis tinggi sebab dalam buah tersimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi manusia. Ternyata manfaat dari buah tidak hanya dari daging buahnya saja, melainkan beberapa bagian lain seperti kulitnya ternyata juga banyak mengandung manfaat. Jadi, sangat disayangkan jika harus dibuang begitu saja. Berikut ini beberapa buah yang dapat dimanfaatkan kulitnya. 

Kulit Buah Jeruk

Kulit jeruk mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Terutama jeruk organik yang lantaran terbebas dari pestisida dan herbisida. Dalam satu jeruk berukuran sedang mengandung lebih 60 flavonoid dan 170 vitanutri yang berbeda.
Dari berbagai macam studi hasil pengolahan kulit jeruk baik yang berupa makanan atau krim obat luar, juga mampu mencegah kanker kulit, menghambat kanker paru dan menurunkan kadar kolestrol. Para wanitapun juga dapat menjadikan kulit jeruk sebagai masker kulit karena mampu mengangkat minyak berlebih pada kulit dan tentu saja membuat kulit lebih halus.  
Kulit Buah Pisang

Manfaat kulit pisang yang paling mudah diterapkan yakni sebagai penyembuh luka bakar atau luka gores. Caranya yaitu cukup dengan menempelkan bagian dalam kulit pisang pada luka maka aliran darah atau pembekakan akan teratasi.
Selain itu, kulit pisang juga menjadi solusi pembersih air tanah bagi Anda yang tinggal di daerah yang kesulitan akan air bersih. Caranya yaitu kulit pisang yang bersih di iris kemudian dibungkus dengan kain kasa, lalu masukkan ke dalam air yang akan kita bersihkan.
Selanjutnya, kulit pisang juga diandalkan untuk memutihkan gigi, penghilang kutil, mengurangi jerawat dan kerutan serta penghilang rasa sakit. 

Kulit Semangka

Asam amino citruline dalam kulit semangka bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual. Ada pula yang menyebutkan kulit semangka baik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, terutama pada mereka yang mengalami obesitas. Selain itu, kalium pada semangka dapat membantu melancarkan peredaran darah menuju jantung dan pembuluh darah baik arteri ataupun vena. Kemudian, kulit semangka juga dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti sulit buang air besar dan kecil, dropsy, radang ginjal, mencegah vasodilatasi, mengeluarkan cacing di usus, mengahalau infeksi di kandung kemih, mencegah anemia, dan penyakit-penyakit lainnya.


Kulit Mangga
Kulit buah yang bermanfaat selanjutnya adalah kulit buah mangga. Kulit mangga mengandung alfa hidroksi asit yang mengandung manfaat sebagai pengelupas dan peremajaan kulit. Belum lagi antioksidan, vitamin dan mineral yang dikandungnya memang sangat bermanfaat bagi kulit kita, terutama bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan. Hal terpenting yaitu, kulit mangga dapat dimanfaatkan para orang tua sebagai obat cacing untuk anaknya. Daya anthelmintik dari kulit mangga sangat ampuh membunuh kuman dan bakteri dari perut. 

Mentimun

Kulit mentimun mengandung silika, bahan kimia yang membantu membangun kolagen yang sangat penting untuk bikin kulit awet muda. Pastikan untuk mencuci kulit mentimun dengan teliti, dan kalau bisa yang organik aja karena mentimun non-organik biasanya dilapisi lilin agar bertahan lebih lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

40 Hari di Nagari Penuh Mitos

Resep dan Cara Membuat Dendeng Balado Basah yang Dipadukan Sambal Lado Merah

Mitos Alis Menyatu