Tentang Rizka Desri Yusfita

Rizka Desri Yusfita

Rizka Desri Yusfita
  • + Prodi: Sastra Indonesia 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014
Gadis asal Sijunjung ini merupakan mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2014. Anak yang lahir pada 29 Desember 1995 ini merupakan anak perempuan satu-satunya dari pasangan Safi’u dan Sartuni. Ia pernah mengenyam pendidikan di bangku sekolah di SD Negeri 22 Sijunjung. Semasa sekolahnya, ia selalu mendapat juara kelas. Ia juga pernah menjadi utusan sekolah untuk mengikuti lomba matematika tingkat SD se-kecamatan. 
Kemudian, ia diterima di SMP Negeri 7 Sijunjung pada tahun 2008. Semasa sekolah di SMP, ia juga selalu menduduki peringkat kelas. Tak hanya bidang akademik, ia juga aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti drum band dan paduan suara. 
Setelah itu, ia melanjutkan sekolah di SMK Negeri 1 Sijunjung dengan program studi keahlian Akuntansi. Siklus akuntansi mulai dari pencatatan jurnal hingga penyusunan laporan keuangan sudah dikuasainya. 
Hal itu dibuktikan dengan prestasi yang ia peroleh baik dibidang akademik. Bidang akademik, sejak kelas X sampai XII, ia selalu mendapat peringkat pertama. Hal itu juga membuat ia diikutsertakan dalam ajang lomba akuntansi di Politeknik Negeri Padang pada tahun 2013. 
Dari SD hingga SLTA, tak pernah terpikir olehnya untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri. Namun, berkat dukungan orang tua dan kerabatnya, akhirnya ia memutuskan untuk kuliah. Sejak tahun 2014 hingga 2018 ia mampu menamatkan masa studi selama 4 tahun 1 bulan dengan IPK 3,47. 
Semasa kuliah, ia aktif berorganisasi di Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Genta Andalas. UKPM Genta Andalas adalah unit kegiatan yang bergerak di bidang penerbitan berita. Pada tahun 2015, ia mulai mengikuti masa pembinaan di Genta Andalas hingga akhirnya dilantik menjadi anggota penuh, Januari 2016. 
Setelah itu, ia di amanahkan menjadi Redaktur selama satu tahun yaitu periode 2016-2017. Kemudian, kembali diamanahkan menjadi Bendahara Umum periode 2017-2018.  Banyak ilmu dan pengalaman yang ia dapat selama berkecimpung di UKPM Genta Andalas. Mulai dari cara mencari berita, mengolah berita, serta menerbitkan berita. Berbagai kepanitian selama di Genta Andalas juga ia ikuti seperti pelatihan jurnalistik tingkat dasar hingga pelatihan jurnalistik tingkat lanjut nasional. 
Pada kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gelora Sriwijaya, Universitas Sriwijaya, Palembang, ia pernah mendapat juara menulis feature terbaik tingkat LPM se-Indonesia. 
Motivasi terbesarnya berasal dari keluarga, terutama Ibunya. Ia kagum pada sosok seorang ibu. Ibu tak pernah mengeluh. Apapun masalah yang dihadapi oleh ibu, ibu tak pernah menunjukan kecemasan di depan anak-anaknya. 
Bahkan ibu menjadi sahabat baginya untuk mencurahkan segala isi hati dan pikirannya. Ibu juga mengajarkan bagaimana disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. 
Terimakasih ia ucapkan kepada orang tua serta organisasi yang membesarkannya, UKPM Genta Andalas. Satu hal yang perlu diingat “Jika kamu punya niat baik untuk memulai sesuatu, bersungguh-sungguhlah untuk menyelesaikannya. Jika ada masalah, jangan berhenti. Selesaikan lalu lanjutkan. Hingga pada akhirnya, kau mendapatkan hasil dari niat baikmu,”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

40 Hari di Nagari Penuh Mitos

Resep dan Cara Membuat Dendeng Balado Basah yang Dipadukan Sambal Lado Merah

Leader Syndrome, Kebiasaan Buruk Pemimpin Masa Kini